Apa Perbedaan Zumba , Aerobik Dan Cardio ?


Sebagai orang awal yang mau mengatur pola hidup sehat pasti bingung dong apa sih yang pertama kali bagus dilakukan ?  Selain mengurangi konsumsi lemak jahat, yang perlu dilakukan yaitu rutin berolahraga apalagi dijaman pandemic covid 19 ini, melakukan pola hidup sehat dengan olahraga sangat membantu meningkatkan daya imun. Tapi disini aku mau membahas tentang olahraga apa yang lebih efektif yang bisa dilakukan di rumah dan bisa menurunkan berat badan sesuai kriteria yang diinginkan.

  • Jenis olahraga apa sih yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan ?
  • Siapa sih yang bisa motivasi biar rutin olahraga tanpa skip setiap hari nya ?
  • Mengapa sih harus olahraga rutin ?
  • Kapan sih waktu yang efektif buat olahraga ?
  • Dimana sih tempat untuk melakukan olahraga itu ?

Pasti itukan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dikepala. Oke, disini aku ingin menjelaskan sedikit pengetahuan yang aku miliki tentang jenis olahraga zumba, aerobik dan cardio. Sumber pengetahuan ini aku ambil dari riset internet dan beberapa jurnal yang aku pelajari.

Aerobik dan zumba adalah bentuk olahraga yang banyak digemari khususnya wanita dari berbagai kalangan dan usia, sedangkan cardio disukai oleh general dan fungsi utama cardio yaitu memperkuat jantung dan paru-paru, berbeda dengan zumba dan aerobik.

Singkatnya zumba adalah senam yang berfokus pada pembakaran lemak, aerobik adalah senam yang berfokus pada pembentukan tubuh dan cardio berfokus untuk memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan.


Mari kita membandingkan ZUMBA VS AEROBIK

Zumba adalah olahraga berenergi tinggi yang terinspirasi dari tarian Latin, serta diiringi lagu-lagu populer terbaru dengan koreografi yang terstruktur, karena elemen utama pada zumba adalah musik maka pada saat latihan zumba kalian akan merasa sedang berpesta ketimbang sedang berlatih senam, dan itulah yang akan selalu merasa ketagihan dari setiap gerakan-gerakan zumba yang dikeluarkannya. Latihan olahraga zumba selain bisa menjadi olahraga yang menyehatkan tubuh dalam membakar kalori, gerakan zumba juga bisa membuat menyenangkan mood lebih happy. (cari zin coach yang seru ya supaya kalian happy setiap latihan dan tetap patuhi protokol-protokol covid-19 ) Btw, dalam dunia zumba pasti nanti kalian sering mendengar kata “ZIN”. Zin itu merupakan coach instruktur zumba.

Gerakan zumba juga cukup berfokus pada seluruh anggota tubuh, sehingga sangat efektif dalam program penurunan massa lemak tubuh secara keseluruhan.

Sebuah penelitian pada tahun 2012 menemukan bahwa melakukan zumba dapat membakar rata-rata 9,5 kalori per menitnya. Ini sama dengan membakar 570 kalori per jamnya. 

Sementara itu, olahraga aerobik merupakan gerakan ritmis cepat dan teratur yang digabungkan dengan peregangan serta penguatan otot tubuh. Selain berolahraga aerobik bertujuan untuk membakar kalori ternyata ada sisi lain jika kita rutin olahraga aerobik yaitu dapat menyehatkan fungsi jantung.

Namun kalau dilihat dari sisi pembakaran kalori, aerobik disebut hanya mampu membakar 6 kalori per menit. Dengan demikian, dalam 1 jam melakukan aerobik, Anda dapat membakar sampai 360 kalori.

“ Jenis olahraga apa sih yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan ? “

Jawabannya jika dilihat dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa zumba mampu membakar lebih banyak kalori dibandingkan senam aerobik. Jadi, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan lebih cepat, zumba bisa dijadikan prioritas di antara keduanya.


Manfaat latihan olahraga ZUMBA , AEROBIK DAN CARDIO

Jika kita melakukan olahraga rutin maka banyak sekalian manfaat yang akan didapat, apalagi dijaman pandemic covid-19 ini. Melakukan latihan olahraga zumba, aerobik, dan cardio gak harus selalu disanggar senam kok. Bisa dilakukan dirumah dengan memanfaatkan media gadget (ayoo... mari kita pergunakan gadget kita dengan productive dan hilangkan rasa mager nya itu ya hehee).

Zumba

Aerobik

Cardio

Membakar kalori

membentuk tubuh ideal

meningkatkan metabolisme

Membentuk tubuh agar menjadi ideal

memperbaiki penampilan,

Membentuk otot

Membangun Ketahanan Tubuh

mengencangkan tubuh

Menyehatkan jantung dan paru

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

apat membuat seseorang awet muda

Mengembalikan perfoma jantung

Menghilangkan Stres

Dapat membuat seseorang awet muda

Menyehatkan saluran cerna.

Memperbaiki pernafasan

kebugaran kardiorespiratori

Mengurangi gejala depresi

Mengembalikan good mood

juga meningkatkan jumlah kapiler

Membuat kulit lebih segar

Mengatasi insomnia

menurunkan kadar lemak dalam darah

Meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir


    Lakukan lah olahraga dengan mencintai diri sendiri. Kapan dong aku melakukan olah raga yang rutin soalnya jadwal aku padat ?( aku kuliah / kerja ). Menjaga penampilan itu tugas diri kita sendiri, dan rajin berolahraga juga akan berdampak ke penampilan kita jadi lebih eye cathing dipandang...

    Maka pandai-pandailah memanage waktu, 10-20 minute sehari gapapa kok atau mungkin masih tidak sempat ? bisa kok kita isi waktu weekend kita untuk meluangkan waktu sedikit untuk berolahraga bersepeda atau mungkin jalan santai melakukan 10.000 langkah menuju sehat. Jadikanlah olahraga bukan hanya menjadi pengisi waktu luang melainkan sebagai kebutuhan akan kondisi tubuh.

Semoga bermanfaat, ditunggu kunjungan anda kembali.

Jika punya ilmu lebih bisa kita sharing disini...

 

Apa Perbedaan Zumba , Aerobik Dan Cardio ? Apa Perbedaan Zumba , Aerobik Dan Cardio ? Reviewed by Eka noviana on Oktober 24, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.